Selasa, 12 Maret 2013

Komputer Rakitan High-End

      Komputer sekarang sudah menjadi kebutuhan primer karena tuntutan jaman yang semakin maju. Sekarang komputer bukan hanya untuk bekerja, tapi untuk multimedia, hiburan, akses data, menjadi server dll. Kenyamanan penggunakan komputer bisa berasal dari kapasitas penyimpanan, kecepatan, grafis, berikut adalah rakitan komputer high-end :

Processor :


      Processor ini menggunakan teknologi terbaru, agar bertahan sampai beberapa tahun kedepan, processor ini di keluarkan oleh Intel pada Q2 2012, dengan socket LGA 1155. Memiliki sekitar 4 core, dengan frekuensi masing-masing 3.40 GHz. Chace 8MB. Processor ini dapat menerima maksimal RAM sebesar 32GB. Hyper-Threading technology dan Turbo Boost 2.0 untuk mengantarkan performa tingkat atas dan mampu bekerja multitasking. Processor ini akan berkerja pada performa maksimal bila di sandingkan dengan chipset motherboard intel Z77.

Motherboard :


      Motherboard terbaru Republic of Gamers dari Asus dengan teknologi chipset terbaru intel Z77 chipset, socket LGA 1155 untuk generasi ketiga intel core i7. Dukungan PCI express 3, USB3, SATA3 memungkinkan untuk transfer rate data sebesar 6GBps. Total Slot RAM 4 (maksimal 32GB) PC3-12800 (1600MHz). Maximus V Extreme mendukung Multi-GPU dengan 5 slot PCI Express 3.0 akan memungkinkan user untuk memasang lebih dari satu VGA. Sudah terpasang beberapa alat komunikasi seperti Wi-fi dan Bluetooth 4.0.

VGA :


      Asus GTX 690 graphic card adalah VGA NVIDIA Geforce tercepat didunia dengan ukuran memory 4GB tertanam 2 core GPU pada satu Card dengan teknologi 28nm . Memberikan performa gaming terbaik dengan dukungan 3D. SLI support ready, Direct-X 11, serta NVIDIA GPU Boost akan mengoptimalkan clock speed untuk memberikan performa ke level yg lebih tinggi. Interface PCI Express 3 mengantarkan double bandwidth untuk komunikasi tercepat antara motherboard dan VGA. Kekuatan Asus GTX 690 setara dengan kekuatan 2 GPU Asus GTX 680

RAM :


      RAM dari merk Corsair seri Vengeance DDR3 PC3-12800 (1600MHz). Product ini memiliki kapasitas memory 8GB perkeping (total 32GB / 4keping). Harga sangat bersaing untuk 4 keping total 32 GB hanya menguras kantong sebesar USD $ 194 serta mendapatkan garansi seumur hidup. Memory ini di design untuk kebutuhan game tingkat atas, memberikan performa yang sangat tinggi dengan SPD Latency 9-9-9-24.

Harddisk :


      Hardisk Seagate Barracuda memberikan storage raksasa sekitar 2TB atau 2000GB, dukungan SATA3 untuk transferrate 6GBps. Kecepatan Rotasi 7200 rpm. Harga yang bersahabat dibandingkan dengan merk lain. Garansi 3 tahun

Optical Drive :


      Asus Bluray Writer BW-12B1ST adalah Bluray Burner tercepat didunia dengan speed 12x. Mendukung Bluray 3D, 2D to 3D Conversion serta Dolby EX dan DTS-HD (5.1 Channel audio). Mempunyai fitur E-Hammer yang berfungsi untuk proteksi data atau mendelete data secara permanent pada DVD/CD Rewriteable. Bukan hanya bisa Burning Bluray, tapi DVD dan CD.

CPU Cooler :


      CPU Cooler Thermaltake SpinQ VT CLP0554. Desain nya yang berbentuk angin tornado mampu membuang panas dengan optimal, kipas terletak di bagian tengah cooler. Kecepatan kipas sekitar 1600 rpm tidak terlalu cepat namun bekerja secara optimal menurunkan suhu processor hingga 230C (dites pada core i7-920 pada suhu ruangan 25C)

Casing :


      “Simple, dapat di bersihkan, dapat di bongkar pasang, beragam fitur, cooling system yang optimal, dan design nya yang sangat keren” itulaha kata-kata yang mampu menggambarkan Casing CPU dari pabrikan Thermaltake. Thermaltake Armor+ VH6000BWS adalah casing model full tower yang kami pilih untuk menjadi wadah bagi semua komponen dalam CPU yang telah kami pilih. Casing ini dapat di bongkar pasang tanpa menggunakan obeng. Dengan cable management untuk memberi kesan yang rapih pada bagian dalam Casing. Selain itu casing ini di design untuk system pendingin baik dengan pendingin cairan (air) atau udara. Design nya yang sangat elegan memberikan kesan pertama yang baik kepada orang yang melihatnya.

Power Supply :


      Jika ingin menggunakan fitur SLI pada rangkaian PC kali ini pastinya akan membutuhkan daya yang lebih untuk listrik extra pada masing-masing VGA. Oleh karena itu digunakan power supply dari pabrikan Gigabyte seri ODIN GT 800W. produck ini berdaya 800 Watt dan berat sekitar 2.5 KG. selain itu kapasitor pada product ini buatan jepang dan mempunya fitur multi-protection yang berfungsi untuk melindungi komponen CPU dari listrik yang tidak stabil.

Monitor :


      Monitor dari ViewSonic seri V3D245 3D. besar monitor 24” dengan display LED. Memiliki frame rate yang cepat 120Hz dan resolusi Full HD 1080p. Mendukung HDMI 1.4 dan teknologi 3D stereo sehingga pengguna dapat menikmati visual stereoscopic menakjubkan menggunakan kacamata rana aktif. Monitor ini sangat cocok untuk VGA NVIDIA Geforce. Karena fitur 3D nya.

Keyboard dan Mouse :


      Perangkat input yang mampu digunakan tanpa kabel sehingga user dapat bekerja dimanapun. Maka kami memilih rangkaian produk dari Logitech, Logitech Cordless Desktop MX 5500 Revolution. Adalah satu set alat input dari pabrikan Logitech yang memberikan fitur beragam. Design keyboard yang elegan memberikan visual yang nyaman pada user, serta cekungan pada mouse yang mampu memberikan kenyamanan ketika digunakan.

Speaker System :


      Untuk urusan suara dipasang speaker berkualitas tinggi, karena komputer yang selain untuk gaming dan editing juga sebagai tempat hiburan di rumah (Home Theater). Oleh karena itu dipilih Speaker dari pabrikan Logitech, Logitech Speaker System Z906 memiliki performa suara yang sangat dahsyat. speaker ini akan membawa kita seolah-olah berada dalam lingkungan dengan suara yang nyata, tentu saja akan lebih nyata dengan Teknologi 3D.

Headset Wireless :


       (Untuk kebutuhan editing) digunakan headset Wireless dari Logitech. Sehingga user dapat mendengarkan suara surround dengan nyaman tanpa tergantung pada kabel. Logitech wireless Headset H600, “Lepaskan diri dari PC anda dengan audio nirkabel untuk panggilan dan music anda”. Meskipun menggunakan jaringan Bluetooth tapi kejernihan suara takkan berkurang sedikitpun. Jangkauan maksimal dari penerima sinyal sekitar 10 meter.

Webcam :


       Webcam melupakan alat input untuk komunikasi videocall, karena pada jaman yang modern ini sesuatu seperti itu sangat penting misalnya untuk chatting ketika bermain game online dan untuk kebutuhan komunikasi lainnya. Maka kami memilih Webcam dari Logitech, Logitech HD Webcam C525, mampu memberikan kualitas video yang jernih dengan resolusi 720p dengan fitur autofocus, camera 8 megapixel dan bentuknya yang simple dapat dilipat dan dibawa kemanapun anda pergi.

Operation System :



       Operating System yang kami pilih adalah Windows 8 professional versi 64bit. Produk baru dari microsoft ini sangat cocok untuk mengoperasikan perangkat yang kami rancang. Motherboard, VGA, dan RAM yang kami pilih sudah compatible dengan Windows 8. Keunggulan dari OS ini waktu yang dibutuhkan untuk booting sangatlah sedikit, bisa dikatakan dalam hitungan detik. Selain itu OS ini sangat ringan, dan Low-resource (tidak memakan resource banyak dari RAM dan Processor. Kami telah menguji untuk bermain game, dan hasil yang didapatkan sangat bagus. Game berat dapat berjalan dengan ringan pada OS ini.

4 komentar: